RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Periwatas Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1x pertemuan)
Pertemuan : 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan
menulis puisi lama
Kompetensi Dasar : Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama dan
rima
I. Indikator
1. Mengidentifikasi puisi lama dengan memperhatikan bait, irama dan rima
2. Membedakan pantun dengan syair
3. Menulis puisi lama (pantun dan syair) dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
II. Materi Pokok
Pengertian Puisi Lama
Puisi lama adalah puisi yang terikat oleh aturan-aturan tertentu yaitu; terikat oleh jumlah kata dalam satu baris, jumlah baris dalam dalam satu bait, adanya persajakan atau rima, terdapat banyak suku kata dalam tiap baris dan juga adanya irama.
Jenis-jenis puisi lama:
Menurut jenisnya puisi lama dapat dibedakan menjadi:
a. Mantra
b. Pantun
c. Karmina
d. Seloka
e. Gurindam
f. Syair
g. Talibun
Ciri-ciri dari jenis puisi lama, diantaranya:
a) Pantun
Ciri- ciri :
1. Memiliki 4 baris, di mana dua baris berisi sampiran dan dua baris lagi merupakan isi
2. Antara baris ke-1, 2, 3, dan 4 bersajak a,b,a,b
3. Setiap baris terdiri antara 8 sampai 10 suku kata
4. Berasal dari melayu (Indonesia)
b) Syair
Ciri-ciri :
1. Terdiri atas empat larik (baris) tiap bait
2. Setiap bait memberi arti sebagai satu kesatuan
3. Semua baris merupakan isi (dalam syair tidak ada sampiran)
4. Sajak akhir tiap baris selalu sama (aa-aa)
5. Jumlah suku kata tiap baris hampir sama (biasanya 8–12 suku kata)
6. Isi syair berupa nasihat, petuah, dongeng, atau cerita
Contoh dari Jenis-jenis Puisi Lama, diantaranya:
a) Contoh Pantun
Ka-lau-lah/ a-ku/ pu-nya/ ji-mat (a) ...Sampiran
Ten-tu-lah/ a-ku/ pan-dai/ ber-bu-ru (b) ...Sampiran
Ka-mu/ pas-ti/ mu-rid/ se-la-mat (a) ... Isi
De-ngan/ pa-tu-hi/ pe-rin-tah/ gu-ru (b) ... Isi
b) Contoh syair
Di-ri-ku/ hi-na/ a-mat-lah/ ma-lang (a) … isi
Pa-di/ di-ta-nam/ tum-buh/ i-la-lang (a) … isi
Pu-yuh /di sang-kar ja-di/ be-la-lang (a) … isi
A-yam/ di-tam-bat/ di-sam-bar/e-lang (a) … isi
(Sumber : Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, 2008 : 115-116)
Adapun langkah-langkah dalam pembuatan puisi lama, diantaranya :
1. Pencarian ide
2. Perenungan
3. Penulisan
4. Perbaikan atau revisi
III. Metode dan Teknik Pembelajaran
a. Tanya jawab
b. Inquiri
IV. Kegiatan Pembelajaran
No | Waktu | Kegiatan | Keterangan |
1 | 20 menit | Kegiatan awal 1. Guru mengadakan tanya jawab kepada siswanya mengenai puisi lama 2. Siswa mampu memahami pengertian puisi lama, jenis-jenis puisi lama, ciri-ciri puisi lama dan langkah-langkah penulisan puisi lama (pantun dan syair) | Dengan bimbingan guru, siswa memahami materi penulisan puisi lama ( pantun dan syair) |
2 | 50 menit | Kegiatan inti 1. Siswa mampu menelaah dan memahami contoh puisi lama (pantun dan syair) 2. Siswa mampu membuat puisi lama (pantun dan syair) | Menulis puisi lama (pantun dan syair dengan memperhatikan bait, irama dan rima |
3 | 20 menit | Kegiatan akhir 1. Guru melakukan evaluasi terhadap siswanya mengenai penulisan puisi lama (pantun dan syair) 2. Siswa dan guru menyimpulkan materi tentang penulisan puisi lama (pantun dan syair) dengan memperhatikan bait, irama dan rima | Hasil pembelajaran penulisan puisi lama (pantun dan syair) |
V. Media dan Sumber Pembelajaran
a. Media Pembelajaran
Contoh teks puisi lama (pantun dan syair)
b. Sumber Pembelajaran
Aktif dan kreatif berbahasa Indonesia 1 : untuk kelas X SMA/MA/oleh Adi Abdul Somad, Aminudin, Yudi Irawan. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008 : 114-117
VI. Evaluasi
Jenis : Tes tulis
Bentuk : Menulis puisi lama (pantun dan syair)
Instrumen : a. Buatlah puisi lama (pantun dan syair) dengan memperhatikan
bait, irama dan rima!
b. Kemukakan pesan yang terdapat pada pantun dan syair
tersebut!
Mengetahui, Tasikmalaya, 21 April 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
M.Ayus Aliyusron, S.Pd, M.Pd Teni Setiani_____
NIP.150088124 NIP.2108090278
0 komentar:
Posting Komentar