Posted by : Teni Setiani di 04.32 RANGKUMAN MORFOLOGI
Sumber : MORFOLOGI
Oleh : PROF. DRS. M. RAMLAN
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Morfologi
Dosen : R. Hendrayan, Drs, M.Pd




Disusun oleh : Teni Setiani ( 2108090278 )
Program Studi :

BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS GALUH
CIAMIS
2010

 PENGERTIAN MORFOLOGI
Morfologi adalah Bagian dari ilmu bahasa yang membicarakan atau yang membicarakan atau yang mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terhadap golongan dan arti kata, atau dengan kata lain Morfologi memepelajari seluk-beluk bentuk kata serta fungsi perubahan-perubahan bentuk kata, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantik.

 MORFOLOGI DAN LEKSIKOLOGI
Leksikologi mempelajari perbendaharan seluk-beluk kata, ialah mempelajari perbendaharaan kata dalam suatu bahasa; mempelajari pemakaian kata serta seperti dipakai oleh masyarakat pemakai bahasa, missal kata “masak” yang memiliki banyak arti dalam pemakainnya.

 MORFOLOGI DAN ETIMOLOGI
Jika dibidang arti ada pendekatan antara morfologi dan leksikologi, maka dibidang bentuk ada pendekatan antara morfologi dan etimologi.
Contoh; disamping kata kena, terdapat kata berkenaan

 MORFOLOGI DAN SINTAKSIS
Mempelajari hubungan antara kata/ frase /klausa/kalimat yang satu dengan /dan wacana .jadi, kata yang dalam morfologi merupakan satuan yang paling besar, dalam sintaksis merupakan satuan yang paling kecil.
Sebagai Contoh, misalnya kalimat ia akan mengadakan perjalanan jauh.
Kata ia yang terdiri dari satu morfem, kata akan yang terdiri dari satu morfem, kata mengadakan yang terdiri dari tiga morfem, ialah meN-, ada, dan -kan, tentang kata perjalanan, yang terdiri dari dua morfem, ialah per_an dan jalan, dan tentang kata jauh yang terdiri dari satu morfem, termasuk dalam morfologi, tetapi pembicaraan mengenai hubungan antara kata ia sebagai subjek dengan frase mengadakan sebagai predikat dengan frase perjalanan jauh sebagai objeknya termasuk dalam bidang sintaksis.
Satuan gramatik yang satu dari unsurnya berupa afiks termasuk dalam bidang morfologi, sedangkan pembicaraan tentang satuan gramatik yang semua unsurnya berupa kata/frase/klausa/kalimat termasuk bidang sintaksis.
Kata majemuk adalah kata yang unsurnya berupa kata atau pokok kata.
Contoh; tinggi hati, keras kepala, kepala dingin, daya juang, lomba tari

 SATUAN GRAMATIK
Urutan satuan gramatik;
Wacana
Kalimat
Klausa
Frase
Kata
Morfem

 BENTUK TUNGGAL DAN BENTUK KOMPLEKS
Satuan gramatik yang tidak terdiri dari satuan yang lebih kecil lagi, disebut bentuk tunggal, sedangkan satuan yang terdiri dari satuan-satuan yang lebih kecil lagi, disini disebut bentuk kompleks. Satuan satuan ber-,, sepeda, ke, luar, kota, ia, meN- beli, dan baru, masing-masing merupakan bentuk tunggal, sedangkan satuan-satuan bersepeda, bersepeda ke luar kota , merupakan bentuk kompleks.
Semua satuan gramatik yang dapat berdiri sendiri dalam tuturan yang biasa, disebut satuan gramatik bebas, sedangkan yang lain disebut satuan terikat.

MORFEM, MORF, ALOMORF, DAN KATA
Disamping istilah morfem, morf dan alomorf, terdapat istilah kata, kata merupakan dua macam satuan ialah satuan fonologik dan satuan gramatik . sebagai satuan fonologik, kata terdiri dari satu /bberapa suku, dan suku itu terdiri dari beberapa fonem. Misanya kata belajar terdiri dari 3 suku ialah be, la, jar. Suku be terdiri dari 2 fonem , suku la terdiri dari 2 fonem, dan jar terdiri dari 3 fonem. Jadi kata belajar terdiri dari 7 fonem yaitu; /b/,/e/,/l/,/a/,/j/,/a/,/r/ .
Yang dimaksud dengan kata ialah; satuan gramatik bebas yang paling kecil, atau dengan kata lain, setiap satu satuan bebas merupakan kata.
Contoh; rumah, duduk, penduduk, pendudukan, dudukan.

DERETAN MORFOLOGI
Ialah suatu deretan / suatu daftar yang memuat kata-kata yang berhubungan dalam bentuk dan artinya.
Contoh; kejauhan , deretan morfologinya sebagai berikut;
kejauhan
menjauhkan
dijauhkan
terjauh
berjauhan
menjauhi
dijauhi
____________
jauh


HIRARKI BAHASA
Pada contoh berperikemanusiaan hirarki pembentukannya lebih banyak lagi dibandingkan dengan pada berpakaian, satuan berperikemanusian terbentuk dari unsur ber-dan perikemanusiaan. Selanjutnya kemanusiaan terbentuk dari unsur ke-an dan manusia. Jadi proses terbenuknya satuan berperikemanusian demikian: manusia_____kemanusiaan_____perikemanusiaan_____berperikemanusiaan
Diagramnya sebagai berikut:







 BENTUK ASAL DAN BENTUK DASAR
Bentuk asal ialah satuan yang paling kecil yang menjadi sesuatu kata kompleks. Misalnya kata berpakaian terbentuk dari bentuk asal pakai mendapat bubuhan afiks-an menjadi pakaian .
Bentuk dasar ialah satuan , baik tunggal maupun kompleks yang menjadi dasar bentukan bagi satuan yang lebih besar. Kata berpakaian misalnya terbentuk dari bentuk dasar pakaian dengan afiks ber-; selanjutnya kata pakaian terbentuk dari bentuk dasar pakai dengan afiks-an.
Bentuk asal ialah selalu bentuk berupa bentuk tunggal, berbeda dengan bentuk dasa, mungkin berupa bentuk tunggal misalnya pakai dalam pakaian, sudah dalam kesudahan.

 PROSES MORFOLOGIK
Adalah proses pembentukan kata-kata dari satuan lain yang merupakan bentuk dasarnya.
Contoh; pada kata terjauh mendapatkan bubuhan ter-, pada menggergaji, kata gergaji mendapatkan bubuhan meN-

 PROSES PEMBUBUHAN AFIKS
Ialah pembubuhan afiks pada suatu satuan, baik satuan itu berupa bentuk tunggal maupun bentuk kompleks, untuk membentuk kata. Misalnya pembubuhan afiks ber- pada jalan menjadi berjalan. Pembubuhan afiks meN- pada tulis menjadi menulis. Adapun afiks yang tidak membentuk kata, melainkan membentuk pokok kata, ialah afiks per-, -kan, dan –i,; misalnya perbesar perkecil, perluas, perindah.

 AFIKS
Ialah suatu satuan gramatik terikat yang didalam suatu kata merupakan unsur yang bukan kata dn bukan pokok kata, yang memiliki kesanggupan melekat pada satuan-satuan lain untuk membentuk kata / pokok katabaru.
Misalnya; kata minum yang merupakan kata dan –an yang merupakan satua terikat maka morfem –an iduga merupakan afiks.
PROES PENGULANGAN
Proses pengurangan/ reduflikasi ialah pengulangan satuan gramatik, baik seluruhnya maupun sebagiannya, baik dengan variasi fonem maupun tidak . Hasil pengulangny disebut kata ulang, sedangkan satuan yang diulang bentuk dasar. Misalnya ; kata ulang rumah-rumah dari bentuk dasar rumah,

MACAM-MACAM PENGULANGAN
1.pengulangan seluruh
Ialah pengulangan seluruh bentuk dasar, tanpa perubahan fonem dan tidak berkombinasi dengan proses pembubuhan afiks.
Misalnya; sepeda_______sepeda-sepeda
2. pengulangan sebagian
Ialah pengulangan sebagian dari bentuk dasar, bentuk dasar tidak diulang seluruhnya, hamper semua bentuk dasar pengulangan golongan ini berupa bentuk kompleks. Yang berupa bentuk tunggal hanyalah kata lelaki dari bentuk dasar laki, dan tetamu dari bentuk dasar tamu.
3.Pengulangan yang berkombinasi dengan proses pembubuhan afiks
Dalam golongan ini bentuk dasar diulang seluruhnya dan berkombinsi dengan proses pembubuhan afiks, maksudnya pengulangan itu terjadi bersama-sama dengan proses pembubuhan afiks dan bersama-sama pula mendukung satu fungsi .
Misalnya; kata ulang kereta-keretaan, pertama ialah bentuk dasar kereta diulang menjadi kereta-kereta, lalu mendapat bubuhan afiks-an , menjadi kereta-keretaan.
4. Pengulangan dengan perubahan fonem
disamping bolak-balik, terdapat kata kebalikan, sebalinya, dibalik, membalik. Dari perbandingan itu dapat disimpulkan bahwa bolak-baik dibentuk dari bentuk dasar balik yang diulang seluruhnya dengan perubahan fonem, ialah dari /a/ menjadi /o/, dan dari /i/ menjadi /a/.
misalnya; lauk ______ lauk-pauk
ramah _____ ramah-ramah
sayur ______ syur-myur
tali ______ tali-mali
 PROSES KEMAJEMUKAN
Kata majemuk ialah kata yang terdiri dari dua kata sebagai unsurnya. Disamping itu, ada juga kata majemuk yang terdiri dari satu kata dan satu pokok katasebagai unsurya, misalnya; daya tahan, daya juang, kamar tunggu,

CIRI-CIRI KATA MAJEMUK
1.salah satu /semua unsurnya berupa pokok kata
Misalnya; kolam renang, pasukan tempur, barisan tempur, brigde tempur
2. unsur-unsurnya tidak mungkin dipisahkan, atau tidak mungkin diubah strukturnya.
Satuan kaki tangan berbeda dengan meja kursi meskipun unsur-unsurnya sama, ialah semua berupa nominal . Di antara meja dan kursi dalam meja kursi dpat disispkan kata dan menjadi meja dan kursi, sebaliknya diantara kaki dan tangan tidak dapat disisipkan kata dan . Kalau disisipkan kata dan maka artinya akan berbeda.
Misalnya ; ia menjadi kaki tangan musuh
Ia menjadi kaki dan tangan musuh
Kaki dan tangannya sudh tidak ada

KATA MAJEMUK DENGAN UNSUR YANG BERUPA MORFEM UNIK
Ialah morfem yang hanya mampu berkombinasi dengan satu satuan tertentu . misalnya kata simpang siur, sunyi senyap, gelap gulita.

 MORFOFONEMIK
Mempelajari perubahan-perubahan fonem yang timbul sebagai akibat pertemuan morfem dengan morfem lain.
Morfem ber - , misalnya terdiri dari 3 fonem , ialah /b/e/r/. akibat penemuan morfem itu dengan morfem ajar, fonem /r/ berubah menjadi /l/, hingga pertemuan morfem ber- dengan morfem ajar menghasilkan kata belajar.
3 Proses Morfofonemik :
1. Proses perubahan fonem
2. Proses penambahn fonem
3. proses hilngnya fonem.
PROSES PERUBAHAN FONEM
Misalnya, terjadi sebagai akibat pertemuan morfem meN- dan peN- dengan betk dasarnya. Fonem /N/ pada kedua morfem itu berubah menjadi /m,n,n,n/, hingga morfem meN- berubah menjadi meN- berubah menjadi mem-, men-, meny-, dan meng- dan morfem peN-berubah menjadi pem-, pe-, dan peny-, dan peng- . perubahan-perubahan itu tergantung pada kondisi bentuk dasar yang mengikutinya. Kaidah-kaidah perubahannya dapat diikhtisarkan sebagai berikut:
1.Fonem /N/ pada morfem meN- dan peN- berubah menjadi fonem /m/ apabila bentuk dasar yang mengikutinya berawal dengan /p,b,f/.
Misalnya ;
meN- + paksa = memaksa
peN- + periksa = pemerksa
meN- + bantu = membantu
peN- + bantu = pembantu
meN- + fitnah = memfitnah
2. Fonem /N/ pada meN- dan peN- berubah menjadi fonem /n/ apabila bentuk dasar yang mengikutinya berawal dengan fonem/t,d,s,/
Misalnya ;
meN- + tulis = menulis
peN- + tulis = penulis
meN- + datangkan = mendatangkan
peN- + datang = pendatang
meN- + supply = mensupply
3. Fonem /N/ pada morfem meN- dan peN- berubah menjadi /n/ apabila bentuk dasar yang mengikutinya berawal dengan/s,s,c,j/ Misalnya ;
meN- + sapu = menyapu
peN- + suluh = penyuluh
meN- + syaratkan = mensyaratkan
meN- + cari = mencari
peN- + cukur = pencukur
meN- + jadi = menjadi
4. Fonem /N/ pada meN- dan peN- berubah menjadi /n/ apabila bentuk dasar yang mengikutinya berawal dengan fonem /k,g,x,h, dan vocal/
Misalnya ;
meN- + kacau = mengacau
peN- + kacau = pengacau
meN- + garis = menggaris
peN- + garis = penggaris

PROSES PENAMBAHAN FONEM
Proses penambahan fonem, a.l. terjdi sebagai akibat pertemuan morfem meN- dengan bentuk dasarnya yang terdiri dari satu suku.
meN- + bom = mengebom
Proses penambahan fonem / / terjadi juga sebagai akibat pertemuan morfem peN- dengan bentuk dasarnya yang terdiri dari satu suku sehingga morfem peN- berubah menjadi penge-
peN- + bom = pengebom

PROSES HILANGNYA FONEM
Proses hilangnya fonem /N/ pada meN- dan peN- terjadi sebagai akibat pertemuan morfem meN- dan peN- dengan bentuk dasar berawal denan fonem /l,r,y,w, dan nasal/.
meN- + lerai = melerai
peN- + lerai = pelerai

Kaidah morfofonemik :
1.Kaidah morfofonemik morfem afiks meN-
meN- ____ mem-
apabila diikuti bentuk dasar yang berawal dengan fonem/p,b,f/ . fonem /p/ hilang, kecuali pada beberapa bentuk dasar yang berasal dari kata asing yang masih mempertahankan keasingannya dan pada bentuk dasar berprefiks, ialah prefiks per-
meN- + paksa = memaksa
2. Kaidah morfofonemik afiks peN-
peN- ______ pem-
apabila didikuti bantuk dasar yang berawal dengan fonem /p,b,f/ . fonem /p/ hilang.
peN- + pakai = pemakai
3. Kaidah morfofonemik morfem afiks ber-
ber- ______ be-
Apabila diikuti bentuk dasar yang berawal fonem /r/ , dan beberapa bentuk dasar yang suku pertamanya berakhir dengan / /
ber- ______ bel-
ber- + ajar = belajar

 FUNGSI PEMBUBUHAN AFIKS DAN PENGULANGAN
Proses morfologi itu mempunyai fungsi gramatik, ialah yang berhubugan dengan ketatabahasaan. Dismping itu juga mempunyai fungsi semantik.
Untuk selanjutnya, fungsi gramatik disini disebut dengan istilah fungsi, sedangkan fungsi semantik disebut makna.

AFIKA meN-
Semua kata berafiks meN- termasuk golongan kata verbal. Karena itu afiks meN- hanya memiliki satu fungsi saja, ialah sebagai pembentuk kata verbal.
Kata verbal ialah kata yang pada tataran kalusa mempunyai kecenderungan menduduki fungsi predikat, dan pada tataran frase dapat dinegatifkan dengan kata tidak. Misalnya kata-kata mengerjakan, memeriksa, subur, dan panas yang menduduki fungsi predikat dalam klausa-klausa dibawah ini;
Petani mengerjakan sawahnya denagn tekun
Dengan rajin bapak guru memeriksa karangan murid
Tanah persawahan di Delanggu subur
Udaranya panas
dan dapat dinegatifkan dengan kata tidak pada tataran frase menjadi tidak menegerjakan, tidak memeriksa, tidak subur, dan tidak panas.

AFIKS ber-
Bentuk dasar kata berafiks ber- mungkin berupa pokok kata, misalnya;
Bertemu ______ temu
-Kata sifat;
bergembira ______ gembira
-kata bilangan
berdua ______ dua
-Kata nominal
bersepeda ______ sepeda

 AFIKS di-
Hanya memiliki satu fungsi, ialah membentuk kata kerja pasif, berbeda dengan afiks meN- yang mempunyai fungsi membentuk kata kerja aktif ;
diambil ___ mengambil
diresmikan ___ meresmikan
dimata-matai ___ memata-matai

AFIKS ter-
Fungsinya untuk membentuk kata kerja pasif, misalnya pada kata-kata terbawa, terdengar, tersusun, tersaji, tersaji.
Disamping itu juga, ada kata berafiks ter- yang termasuk golongan kata sifat, misalnya kata-kata tertinggi, terendah, terkecil, terpandai.

AFIKS peN-
Termasuk golongan kata nominal, misalnya kata-kata pembaca, penulis, pengarang, pemimpi, pemirsa.
Bentuk dasar kata berafiks peN- bermacam-macam. Ada yang berupa poko kata, dalam hal ini, kata berafiks peN- mempunyai pertalian dengan kata berafiks meN- misalnya;
Pembaca : bertalian dengan membaca
Ada yang berupa kata sifat, misalnya:;
Pemalas ____ malas
AFIKS pe-
Dalam hal ini dapat dipakai suatu petunjuk bahwa afiks peN pada umumnya bertalian dengan kata kerja berafiks meN- , sedangkan afiks pe- pada umumnya bertalian dengan kata berfaiks ber- Misalnya :
Penulis : bertalian dengan menulis

AFIKS per-
Ada dua jenis afiks per- , ialah afiks per- yang berfungsi membentuk kata, melainkan berfungsi membentuk pokok kata. Afiks per yang berfungsi membentuk kata nominal termasuk afiks yang tidak produktif. Afiks ini hanya terdapat pada kata pelajar dan pertapa. Pada kata pelajar, afiks per- mengalami proses morfofonemik pel- .

 AFIKS se-
Afiks se- ada yang melekat pada bentuk dasar yang berupa kata nominal, mislanya pada kata-kata
Serumah ___ rumah
Ada yang melekat pada bentuk adasar yang berupa kata sifat, misalnya;
Setinggi ___ tinggi
Dan ada juga yang melekat pada golongan kata tambah, misalnya;
Sebelum ___ belum
Afiks se- mempunyai makna sebagai berikut :
1.Menyatakan makna “ satu “
Serombongan : “satu rombongan”
2. Menyatakan makna “seluruh”
Se- polandia : “seluruh polandia”
3. Menyatakan makna “sama”
Secara adapt : “sama dengan cara adapt, seperti cara adapt.
4. Menyatakan makna “setelah”
Sesampainya : “setelah ia sampai


 AFIKS ke-
Afiks ke- hanya memiliki dua makna yaitu;
1.Menyatakan kumpulan yang terdiri dari jumlah yang tersebut pada bentuk dasar
Kedua ( orang ) : “kumpulan yang terdiri dari dua orang”.
2. Menyatakan urutan.
( pegawai ) kedua
( bagian ) ketiga

AFIKS para-
Afiks ini selalu melekat pada bentuk dasar yang termasuk golongan kata nominal insani. Makanya hanya satu, ialah menyatakan makna “ banyak”
Para pemuda : “pemuda-pemuda”

 AFIKS maha-
Umumnya terdapat pada kata-kata yang menyatakan sifat Allah. Misalnya:
Maha pengasih, maha penyyang, maha pemurah, maha mengetahui.
Afiks maha pada kata-kata itu pada umumnya menyatakan makna “sangat” atau “sifat” yang lebih daripada sifat mahluk.
Disamping itu, ada juga afiks maha- yang terdapat pada kata nominal, ialah pada kata mahasiswa , maha guru, maharaja, mahadewa.

 AFIKS –kan
Afiks-kan tidak merupakan simulfiks bersama dengan afiks meN- , di- taua ter-,
Afiks –kan tidak berfungsi membentuk kata, melainkan berfungsi membentuk pokok kata.
melarikan ____ lari
mendatangkan ____ datang
Akibat pertemuannya dengan bentuk dasarnya, afiks –kan mempunyai beberapa makna, yang dapat digolongkan sebagai berikut:
1.Menyatakan makna “benefaktif”
Maksudnya perbuatan yang tersebut pada bentuk dasar dilakukan untuk orang lain. Misalnya :
membacakan : “membaca (…..) untuk orang lain
2.Menyatakan makna “kausatif” . Makna ini dapat digolongkan menjadi 4 golongan yaitu:
a.Menyebabkan (……) melakukan perbuatan yang tersebut pada bentuk dasar.
-mendudukan : “menyebabkan (……) duduk”
b.menyebabkan (…..) menjadi seperti tersebut pada bentuk dasar.
-meluaskan : “menyebabkan (…….) jadi luas”
c.Menyebabkan (….) jadi atau menganggap (….) sebagai apa yang tersebut pada bentuk dasar.
-mendewakan : “menganggap (….) sebagai dewa”
d.Membawa /memasukan (…..) ketempat yang tersebut pada bentuk dasar.
-memenjarakan : “memasukan (….) ke penjara

 AFIKS-i
Afiks tidak berfungsi membentuk kata, melainkan membentuk pokok kata Dengan tambahan prefiks meN- , di- , ter-, atau dengan tambahan ku, kau, dan sebagainya , pokok kata itu menjadi suatu kata.
Afiks –i mempunyai beberapa makna, yang dapat digolongkan sebagai berikut:
1.Menyatakan bahwa “perbuatan yang tersebut pada bentuk dasar itu dilakukan berulang-ulang.
kalau dibandingkan kata memukuli dengan memukul dalam kalimat;
-ia memukuli kudanya
-ia memukul kudanya
2.Menyatakan makna”memberi apa yang tersebut pada bentuk dasar pada. . . .
Pada kata menandatangi, misanya dalam kalimat
-Bapak Kepala Kantor sedang menandatangani surat.
3.Objeknya meyatakan “tempat” . kita bandingkan kata menduduki dengan mendudukan
-Orang itu menduduki kursiku
-orang itu mendudukan anaknya di kursiku
4.Menyatakan makna “kausatif”. Dalam hal ini, makna afiks –i sejajar dengan makna afiks-kan . kita bandingkan, misalnya kata mengotori dengan mengotorkan dalam kalimat
-Orang itu mengotori kamar saya.
-Orang itu mengotorkan kamar saya.

AFIKS –an
Afiks –an mempunyai satu fungsi, iaah sebagai pembentuk kata nominal, sedangkan makna yang dinyatakan dapat digolongkan sebagai berikut:
1.Menyatakan ‘sesuatu yang berhubungan dengan perbuatan tersebut pada bentuk dasar’.
-timbangan : ‘alat untuk menimbang’ , ‘hasil menimbang’
2.menyatakan makna’ tiap-tiap’ . misalnya
-(majalah) bulanan : ‘(majalah) yang terbit tiap-tiap bulan.
3.Menyatakan makna ‘satuan yang terdiri dari apa yang tersebut pada bentuk dasar’. Makna ini terdapat pada kata-kata meteran, literan, botolan, ribuan, ratusan.
Misalnya dalam kalimat;
-kain itu dijual meteran
-ia membeli minyak literan.
4.Menyatakan makna’beberapa’
Kata ribuaan dalam kalimat
-ribuan penduduk kehilangan tempat tinggal.
5.menyatakan mkna ‘sekitar’
-Tahun 60 –an

 AFIKS –wan
Hanya memiliki satu fungsi , ialah sebagai pembentuk nominal. Makna yang dinyatakan sebagai berikut:
1.menyatakan ‘orang yang ahli dalamhal tersebut pada bentuk dasar, dan tugasnya berhubungan dengan hal tersebut pada bentuk dasar.
-negarawan : ‘orang yang ahli dalam kenegaraan dan tugasnya berhubungan dengan masalah kenegaraan’.
2.Menyatakan ‘orang yang memiliki sifat yang tersebut pada bentuk dasar’.
-cendikiawan : ‘orang yang cendikia’

AFIKS ke – an
Akibat pertemuan afiks ke –an dengan bentuk dasarnya timbulah berbagai makna yang dapat digolongkan sebagai berikut:
1.menyatakan ‘suatu abstraksi’ atau ‘hal’ , baik abstraksi dari suatu perbuatan maupun dari suatu sifat atau keadaan. Misalnya;
-kebaikan : ‘hal baik’
2.Menyatakan ‘hal-hal yang berhubungan dengan masalah yang tersebut pada bentuk dasar’. Misalnya
-(masalah) kehewanan :‘hal-hal yang berhub ungan dengan masalah hewan
3.Menyatakan makna’dapat dikenai perbuatan yang tersebut pada bentuk dasar’ atau dengan kata lai n menyatakan makna ‘dapat di . . . Misalnya;
-kelihatan : ‘dapat dilihat’
4.Menyatakan makna’dalam keadaan tertimpa akibat perbuatan, keadaan, atau hal yang tersebut pada bentuk dasar. Misalnya;
-kehujanan : ‘dalam keadaan tertimpa hujan’
5.Menyatakan makna’tempat’ atau daerah. Misalnya;
-kepresidenan : ‘tempat presiden’

 AFIKS peN –an
1.Menyatakan makna’ hal melakukan perbuatan tersebut pada kata sejalan’.
-pembacaan : ‘hal membaca’
2.Menyatakan makna cara melakukan perbuatan tersebutpada kata sejalan
-materi yang dibicarakan sangat menarik, tetapi penampilannya kurang baik.
3.Menyatakan makna ‘hasil perbuatan tersebut pada kata yang sejalan’ , atau dengan kata lain, menyatakan ‘apa-apa yang di . . .
-Menurut pendengaran saya, ia termasuk mahasiswa yang sangat rajin dan cerdas.
4.Menyatakan makna ‘alat yang digunakan untuk melakukan perbuatan yang tersebut pada kata sejalan’.
-Afiks peN –an pada kata pendengaran dan penglihatan
Pendengaran orang itu sudah tidak terang lagi.
Penglihatannya sudah agak kabur.
5.menyatakan makna ‘tempat melakukan perbuatan tersebut pada kata sejalan’.
-Terdakwa dibawa ke pengadilan.

AFIKS per –an
1.menyatakan makna’perihal apa yang tersebut pada bentuk dasar. Misalnya;
-pergedungan : ‘perihal gedung
2.Menyatakan makna’hal’ atau’ hasil’
-persahabatan : ‘hal atau hasil persahabatan’
3.Menyatakan makna ‘tempat’
-Ahmad berdoa, memohon perlindungan Allah.
4.Menyatakan makna ‘daerah’
-perkampungan : ‘daerah yang berupa atau terdiri dari kampong; ‘daerah kampung’.
5.Menyatakan makna ‘berbagai-bagai.
-perbekalan : ‘berbgai-bagai bekal’.

 AFIKS ber –an
1.Menyatakan makna bahwa ‘perbuatan tersebut pada bentuk dasar dilakukan oleh banyak pelaku’. Misalnya;
-berdatangan : ‘( banyak pelaku ) datang’.
2.Menyatakan bahwa’perbuatan yang tersebut pada bentuk dasar dilakukan berulang-ulang’. Misalnya;
-berloncatan : ‘meloncat berkali-kali’.
3.Menyatakn makna ‘saling’
-bersentuhan : ‘saling menyentuh’.


 AFIKS se –nya
Pada umumnya afiks se –nya berkombinasi dengan proses pengulangan. Misalnya; sepenuh-sepenuhnya, serajin-rajinnya, sekuat-kuatnya.

 PROSES PENGULANGAN
1.Menyatakan makna’banyak’
Kita bandingkan kata rumah dengan kata rumah-rumah ;
-Rumah itu sudah sangat tua.
-Rumah-rumah itu sudah sangat tua.
2.Menyatakan makna ‘banyak’
-Mahasiswa yang pandai-pandai mendapat beasiswa.
-Mahasiswa itu pandai-pandai.
3.Menyatakan makna ‘tak bersyarat’.
-Meskipun hujan , saya akan datang.
4.Menyatakan makna’yang menyerupai’ .
-kuda-kudaan : ‘yang menyerupai kuda’
5.Menyatakan bahwa ‘perbuatan dilakukan berulang-ulang’.
-berteriak-teriak : ‘berteriak berkali-kali’ .
6.Menyatakan bahwa ‘perbuatan tersebut dilakukan seenaknya’
-Seluruh anggota keluarga duduk-duduk diteras muka.
7.Menyatakan bahwa’ perbuatan yang dilakukan oleh dua fpihk.
-pukul-memukul : ‘saling memukul.’
8.Menyatakan’hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan
-karang-mengarang :‘hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan mengarang’.
9.menyatakan makna’agak’
-kemerah-merahan : ‘agak merah’ .
10.Menyatakan makna ‘tingkat tinggi yang dapat dicapai’.
-sepenuh-penuhnya :‘tingkat penuh yang dapat dicapai; sepenuh mungkin’.
11.menyatakan ‘intensitas perasaan’
- membedakan mengharapkan dengan mengharap-harapkan
-membedakan sekenyangnya dengan sekenyang-kenyangnya.

PERTANYAAN
-Pengulangan dengan perubahan fonem;
gerak ___ gerak-gerik
serba ___ serba-serbi
robek ___ robak-rabik
-kenapa pada pengulangan kata ‘robek’ tidak menjdi ‘robek-robik’ ?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

apabila bentuk dasar dan bentuk asal tidak ada.apakah proses morfologi akan terhambat?????

Anonim mengatakan...

ijin copy! pembahasan tentang deretan morfologisx apa gk bisa dipoerluas?

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Teni Setiani
ciamis, jawa barat, Indonesia
Motto hidup saya adalah "Tidak ada kata terlambat untuk bangkit, ayo berjuanglah !!!"
Lihat profil lengkapku